Kamis, 24 September 2015

Jalan-jalan dengan Kereta Wisata

Jalan - jalan dengan kereta wisata.- Melakukan traveling dengan kereta api itu sih sudah biasa, saat mau ke Yogyakarta, Malang, dan Surabaya perjalanan bareng dengan teman-teman semuanya menggunakan jasa kereta api sebagai moda trnsportasi yang dipilih.

Saat ini di bulan September, ada yang spesial dari biasanya. Kereta yang dipakai adalah kereta wisata. Seruukan!
Rombongan pun satu persatu masuk ke dalam gerbong kereta wisata ini, setelah terlihat semua penumpang masuk kereta. Petugas PPKA biasanya langsung melaksanakan aktivitas semboyan 40, dimana jalur kereta sudah aman dan siap untuk berangkat.


Kereta Api Wisata di Indonesia ternyata ada bermacam-macam tipe antara lain:

- Bali
Interiornya kereta ini bernuansa budaya Bali dengan  kapasitas 20 kursi.
- Nusantara
Interiornya kereta ini bernuansa hampir semua budaya yang ada di Indonesia ada di sini dengan     kapasitas 19 kursi
- Toraja 
Interiornya kereta ini bernuansa Toraja dengan kapasitas 22 kursi
- Jawa
Interiornya kereta ini bernuansa khas Jawa dan juga tersedia kamar tidur dengan kapasitas 20 kursi.
- Sumatera
Interiornya kereta ini bernuanasa pulau Sumatera dengan kapasitas 22 kursi.
- Imperial 
Kereta Imperial ini dengan kapasiatas 20 kursi.
- Prioritity
Kereta Prioriry ini dengan kapasitas 28 kursi.

Semua kereta Api wisata menyediakan mini bar, kamar mandi, karaoke, audio dan video entertaiment.

Jalan-jalan dengan kereta api wisata, tujuan kami adalah Kota Semarang.
Kereta wisata yang digunakan saat itu tipe Priority. Akhirnya bisa menikmati kereta wisata ini, yang sebelumnya hanya melihat dalam infotaiment saja beberapa artis sering berwisata menggunakannya.



Yuk kita intip ada apa saja didalamnya!

Pintu Awal Masuk






Kereta wisata ini berada dalam rangkain kereta Harina untuk pemberangkatan dari Stasiun Bandung menuju Semarang. Rute yang akan dilalui adalah mulai dari Stasiun Bandung – Cimahi – Purwakarta – Cikampek – Cianjur – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang.

Para travel blogger dan awak media sudah menempati tempat duduknya yang telah tersedia. Bebas memilh di mana saja, ransel yang kami bawa pun dapat disimpan di bagasi tepat diatas tempat duduk dekat dengan atap kereta. Tempat duduk yang leluasa, kursi berjejer 2-2, selimut dan bantal sudah tersedia di kursi masing-masing.

Beginilah suasana saat berada di dalam kereta wisata. Pramugari dan pramugara menawarkan minuman yang tersedia dengan ramah.


Sambutan dari pihak PT KAI  oleh Bapak Priyono sambil menjelaskan tentang kereta wisata. Untuk biaya kereta Wisata Priotity dana yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 18.500.000 (weekday) beda lagi harganya kalau disewa saat weekend. Selanjutnya sharing dari Trinity tentang pengalamannya  saat bertravelling.
Salah satu kata-kata yang  keluar dari bibirnya
"Saat traveling kita ga pernah sendiri!" ucap Trinity.
Trinity
Usai sudah trinity bercerita.
Kini santap malampun tersedia di mini bar, mulai dari baso tahu, kue brownies, chesse roll, dan tersedia juga makanan traditional kacang rebus, pisang rebus dan jagung rebus.



Bukan berarti sudah makan terus ngantuk, waktu masih menunjukan pukul 22.30 WIB saat itu. Setelah dari pihak Altour Travel Indonesia, mempersilahkan semua peserta untuk beristirahat dan menginformasikan pukul 05.10 WIB kereta akan tiba di Stasiun Semarang Tawang.
Jam ditangan menunjukan pukul 23.40 WIB, saatnya merebahkan badan dan istirahat, terlihat sebagian teman-teman sudah terlelap. OMG, giliran mau terlelap, sebuah lagu berkumandang tepat dibelakang dimana kami semua duduk.

Baiklah saatnya minum obat tidur *baca tolak angin. Lagu-lagu yang dibawakan membuat saya semakin melek dan pada akhirnya entah reaksi obat yang diminum atau lagu mendayu-dayu yang menina bobokan saya. Terlelap juga akhirnya.

Tiba-tiba terbangun, berharap sebentar lagi sampai atau telah memasuki waktu subuh. Ternyata semua itu salah, pukul 1 dini hari waktu menunjukan saat itu. Asyem, berarti baru tidur sebentar.
Wow, semua tertidur lelap, sayapun harus melewati mereka satu persatu gar-gara pingin pepsi (pipis broh!). Eits jangan salah, di ruangan mini bar masih banyak yang begadang, terlihat salah satu peserta asyik mengobrol bersama dengan petugas PT KAI dan pramugara. Mau nimbrung ga enak, semuanya cowok sodarah-sodarah.

Tidur paling nikmat
Terlihat Leni, Trinity penuh lelap dalam sepinya malam. Mereka berada tepat dikursi depan dimana saya berada. Dan rahasia foto ini hanya bertiga yang tahu (saya, Leni dan Trinity).
Kembali ke kursi dengan merapal doa, saya pun terlelap kembali. []FR