Senin, 27 Januari 2020

Kopi Dewa Meracik Sesuka Hati

Kopi Dewa meracik sesuka hati. Pernahkah bertanya pada orang lain atau diri sendiri, sejak kapan mulai menyukai kopi? Jangan jauh-jauh dulu ke orang lain ya, kita tanya diri sendiri saja. Kalau diingat-ingat saat kecil waktu tinggal bersama almarhumah emak dulu sejak SD (Sekolah Dasar) sempat ngumpet-ngumpet sih kalau mau minum kopi. Jaman dulu kalau anak kecil minum kopi suka dilarang "jangan minum kopi nanti bodoh". Duh itu mitos apa bener sih ga terbukti soalnya. Secara kalau ada anak kecil/bayi  yang suka kejang-kejang (step) orangtua dulu suka memberi sesendok air kopi. Entahlah jadi mana yang bener.

Mengingat masa lalu demi kopi biasanya langsung pergi ke warung beli kopi yang dicampur gula dengan dibungkus seperti kacang rebus. Kopi tersebut kalau ga sempat di seduh ya di colek-colek pake tangan dimakan gitu saja. Rasanya jangan ditanya, tentu saja enak, soalnya beberapa kali kalau jajan ke warung membeli kopi ons-an.
Lama kelamaan hobi ngopi pun ilang bahkan lupa, hinggal akhirnya menginjak dunia kerja hobi lama yang terlupakan dinikmati kembali.

Menikmati secangkir kopi kini menjadi rutinitas, mungkin yang tak biasa dikalangan teman-teman saat itu karena kopi yang dinikmati tanpa gula sama sekali. Tempat-tempat ngopi di Jakarta pun didatangi, baik sengaja maupun tidak, ya hanya sekedar bertemu teman-teman.
Tak ada waktu untuk pergi ke luar bukan menjadi halangan untuk tidak ngopi pahit, di kantor atau di kosan pun jadi. Menikmati kopi saat itu tidak macam-macam, hanya seduh aduk lalu meminumnya.
10 tahun di Jakarta entah berapa cangkir kopi yang terserap oleh tubuh ini. Entahlah saat di Jakarta migrain selalu melanda, daripada pergi ke dokter lebih baik minum kopi tanpa gula dan ternyata aman-aman saja.
Kekhawatiran pun timbul dalam diri ini. Saat ada kesempatan dengan salah seorang dokter yang ada di Jakarta pertanyaan pun akhirnya terlontar.
" kang dokter sebenarnya berapa cangkir sehari maksimal untuk ngopi?"

" 5 cangkir sesuai takaran."

" ok, baiklah."

Alhamdulillah sih kala itu dengan ngopi kaya ada amunisi masuk ke tubuh dan bikin penuh semangat kerja. Secara kerja gue di Jakarta kadang tak kenal waktu, pulang semau gue tapi malam hahaha.

Balik Bandung, kebiasaan ngopi mulai dikurangi. Ya paling nemenin suami atau buatkan kopi untuknya.
Sesekali masihlah kumpul sama teman untuk ngopi di luar. Secangkir kopi yang ada kini tidak itu-itu saja, makin banyak variant dan sangat disukai oleh kalangan anak-anak muda milenial.


Kopi Dewa Meracik Sesuka Hati

Kalau ditanya ngopi gimana? Jawabnya singkat yak gitu-gitu aja, kecuali kita pernah ngikutin cupping kopi pasti nikmatin kopinya ga akan seperti biasa.

Jenis kopi ada Robusta dan Arabika tinggal kita memilih mana yang paling disuka.
Pernah berkunjung ke sodara yang ada di Panghegar, disuguhin secangkir kopi dengan menggunakan kopi manglayang dan gula aren ditambah es batu, sungguh nikmatnya saat diminum siang hari.
Ternyata di luaran sana banyak banget kopi seperti itu bisa dibeli online maupun datang ke kedai.
Hingga suatu saat diajaklah oleh teman, dia terbiasa ngopi juga. Beberapa kali hadir dalam acara yang sama terlihat selalu menikmati secangkir kopi.
Hingga suatu hari (22/1-2020) menjelang sore meluncurlah berdua dengan c neng ke daerah Margacinta Bandung.
Deretan ruko berjajar kiri kanan, dari gerbang masuk kompleks ternyata semakin ke belakang semakin kecil nomor di ruko tersebut. Terlihat meja yang telah diisi oleh beberapa pengunjung. Ada yang berbeda saat masuk terlihat alat penyeduh kopi berjejer di rak depan begitu pula alat roasting ada di meja. Layaknya sebuah lab, biji kopi mengisi toples-toples di meja Bar depan dekat kasir, para pengunjung pun tinggal memilih sesuai selera kopi apa yang akan dinikmati, baik diseduh oleh barista atau kita sendiri.

Pegawai dan pemilik kopi sama-sama ramah dan tak pelit ilmu saat ngobrol tentang dunia perkopian. Saat itu pengen nyobain neeh program seduh gocengnya ala kopi dewa. Memilih biji kopi utuh yang ada di toples dan pilihan jatuh pada lemon tart.

Diajak ke belakang meja bar, terdapat 2 buah alat grinder kopi. Dengan memutar angka menuju nomor 4 kopi yang dihasilkan tidak terlalu lembut maupun kasar. Kopi yang digiling sudah sesuai takaran untuk segelas cukup menggunakan 15 gr kopi utuh.
Ditawari untuk menyeduh kopi dengan menggunakan alat yang ada di sana dan pilihan pun jatuh pada V60. Dengan menggunakan kertas saring kopi, yang sudah dilipat kemudian kopi yang telah digiling dimasukan semua lalu diseduh dengan air mendidih menggunakan teko leher angsa. Air seduhan pun bisa 85°C-100 °C . Seduhan air tidak semuanya langsung dituang ada tekhnik-tekhnik dari menit ke menitnya. Hahaha dan saat itu pasti aja selalu lebih sedikit *baca baru belajar. Oh iya jadi inget dulu saat kerja di Kemang masuk neeh keruangan direksi Pak Biman namanya, pernah neeh nebeng minta kopi dengan menggunakan alat V60 ini tapi ya karena ga tau tekhniknya maen seduh-seduh aja tanpa diwaktu. Selesai minum deh.
Untungnya di kopi Dewa pegawainya dengan sabar memandu saat itu.


Yang di nikmati ini adalah "Program Seduh Goceng" . Program yang diadakan kopi Dewa ini asalnya direncanakan hanya sebulan lho kini sudah hampir 3 bulan karena permintaan dari pengunjung maka program ini diteruskan.
Restu, sang pemilik tidak hanya melakukan program seduh goceng dan sangrai ceban, membuka juga kelas-kelas untuk cupping kopi dan lain-lain baik dilakukan di kedainya maupun di luar.

Unik juga neeh program seduh goceng. Dimana para pengunjung diajak untuk ; seduh sendiri, minum rame-rame, posting Ig, bereskan sendiri dan bersihkan sendiri.
Kalau yang biasa beres-beres yak tak masalahkan. Neeh seperti c Neng aja saat itu dia ikut ngopi bersihinnya ga mau dibatuin lho, dia juga cuci sendiri.


Tadaaaa, secangkir kopi dengan seduhan sendiri akhirnya siap dinikmati.


Sebelum diminum aroma kopinya dihirup dulu kemudian di dalam rongga mulut seperti dikumur-kumur dan ditelan sedikit demi sedikit, kopi pun terasa ada pahit, asam dan manisnya padahal tanpa gula lho.

Coffeelatte IDR 22K


Kopi dewa meracik sesuka hati. Bener-bener memanjakan para pengunjung. Eits jangan salah saat berkunjung ke kopi Dewa ada juga lho pemilik kedai kopi di daerah Pasirluyu (dekat rumah coy!) ada di sini. Dan apalah gue yang hanya penikmat kopi beruntung sekali berarti ada di sana hahaha.
Para pecinta black coffe cocok neeh bereksperimen di sana. Ada juga jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia di jual di sana dan sudah dikemas dengan berbagai ukuram lengkap dengan cara penyeduhannya.


Berbagai minuman pun ada bagi Anda yang tak suka kopi tersedia seperti, taro, redvevet, cokelat, dan teh. Oh iya saat itu tak lupa juga nyobain teh hijau. Ada berbagai macam teh di sana, yakni teh hijau, teh oolong dan white tea.

Salah satu yang disukai anak-anak ya minuman taro. Sebenarnya c neng pun suka kopi, tapi saat itu pilihannya mau taro. Akhirnya dinikmatilah segelas taro ala Kopi Dewa yang dibandrol dengan harga IDR 22K



Neeh anak tidak hanya itu saja, teh pun diicipnya dan dicampur dengan kopi sisa yang ada di gelas. Campur-campur minuman gegara lihatin baristanya kali ya dalam meracik, ada-ada saja. Betah neeh ada di kopi Dewa dan ga rewel juga tapi ya gitu ga mau diem dan tetap mamaknya harus memperhatikan. Suasana Bandung kala itu selepas hujan deras di siang hari dan sorepun masih gerimis-gerimis mengundang. Iya mengundang badan untuk menikmati minuman yang hangat-hangat dan tentunya cocok dengan segelas kopi panas untuk dinikmati. Kamipun sangat menikmati suasana saat itu dan juga minuman yang disedikan oleh kopi Dewa. Tak lupa saat pulang membawa es kopi Zeus yang dipatok dengan harga IDR 22K pas banget kopinya terasa dan manisnya pas.

Es kopi Zeus



Program seduh goceng dan sangrai ceban masih berjalan lho sampai sekarang, jadi yang penasaran bisa datang langsung yak ke sana![]FR


Kopi Dewa
Komplek Bahagia Permai, Margacinta.
Jl. Bahagia Permai Raya No.2 Margasari, Buahbatu Bandung.

Buka Selasa - Minggu 
- Pukul 14.00 - 21.00






Sabtu, 07 Desember 2019

FUNancial bareng Home Credit, Cara Atur Uang Mudah


FUNancial bareng Home Credit, cara atur keuangan Mudah.+ Bicara soal uang sehari-hari ga akan ada habis-habisnya. Kadang pegang uang 50 ribu atau 100 ribu ada saja kekurangannya orang bilang uang segitu cukup beli apa jaman sekarang. Jadinya kebanyakan besar pasak dari pada tiang, jangan sampai deh.

Eh tapi ngomong-ngomong soal uang jadi punya cerita neeh. Konveksi yang sudah berjalan beberapa tahun neeh awal-awal lancar dan usahapun berjalan mulus. Seiring berjalannya waktu produksi yang tidak kekejar beban bertambah jadi deh usaha untuk perputaran uang gak begitu lancar ditambah lagi yang jalanin konveksi ada yang gak jujur ya sudah deh pengeluaran makin membengkak. Dan eng ing.eng akhirnya untuk sementara konveksi divacumkan dulu.

Mengingat kejadian yang telah terjadi ini pas ada acara Funancial jadi semangat neeh untuk hadir. FUNancial yang berlangsung pada tanggal 7 Desember 2019 ini diadakan di Paberik Kopi Upnormal coffee Roasters Bandung bertemakan "Star up Smart Financial Tips for Turning Your Hobby into a bussines"

Setiap orang punya impian kan? Nah goals yang diinginkan pastinya tidak semuanya tercapai. Jangan khawatir sih sebenarnya  Home Credit bisa mewujudkan #YangKamuMau.

Apa sih He Credit?

Home Credit Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global yang menyediakan layanan pembiayaan baik secara online maupun offline. Pembiayaan yang ditawarkan cukup banyak diantaranya smartphone, furnitur, gadget, alat-alat elektornik hingga aksesoris mobil.

Nah saat acara berlangsung hadir dua narasumber yang akan kupas habis-habisan dan bernagi pengalamannya.
Saat itu hadir 
Dipa Andika (financial Planner dan co founder Hahaha Corp) dan  Mohammad Takdis ( owner Whatravel Indonesia).
Saat pembukaan acara saja sudah mulai seru dan ramai karena MC Uchita Pohan sudah bagi-bagi hadiah lho.Ternyata tak hanya disitu saja hadiah-hadiah dan doorprize terus-terusan memeriahkan acara. Alhdulillah untuk orang-orang yang beruntung.

FUNancial bareng Home Credit, Cara Atur Uang Mudah. Dipa Andila sebagai financial planer banyak banget memberi masukan dan tips untuk mengatur keuangan
Dalam sehari-hari pengeluarn rutin itu memang yang paling banyak.
Ternyata dalam mengatur keuangan harus ada pos-posnya masinh-masing.
Pengeluaran dan pendapatan harus tercatay rapi apalagi dalam dunia bisnis, harus ada rekapannya mulai dari harian, minggun dan bulanan. Eits hargailah diri sendiri. Jadi kita yang menjalani bisnis yak harus digaji juga. Sebaiknya gaji yang dikeluarkan harus ditanggal yang sama disetiap bulannya. Harus ada juga dana darurat, dana pensiun.
Btw tentang dana pensiun neeh harusnya diambil diusia 50 tahun,hahaha ini sebelum waktunya udah ditutup tuh dan udah diambil semua. Jadi merasa Plak! ketampar deh gue.
Bisnis juga enakan janga dijalani sendiri agar sewaktu-waktu kalau kita sakit masih tetap berjalan. Ini neeh yang harus digaris bawahi, Kalau berhutang sebaiknya 30% dari total gaji kita jangan sebaliknya ya!
Oh iya ada banyak yang ketampar neeh saat bahas "Latte Factor"
Latte Factor adalah pengeluaran yang terlihat kecil namun hal tersebut dalam keseharian dilakukan berkali-kali. Diantaranya : bayar parkir, jajan bobba, biaya transaksi atm, dan.lain-lain. Biasnya yang kecil-kecil itu yang tidak tercatat padahal kalau dicatat dalam 1 bulan bisa membengkal juga dananya.
Kalau kita punya bisnis rekening pribadi dan bisnis jangan sekaii-kali disatukan, harus dipisah.
Btw soal keuangan jadi semuanya harus rapi dan sesuai pos-posnya. Jalani bisnis sesuai hobi jadi tidak akan ada beban ke kitanya.

Contoh neeh, kaya  Takdos aka Mohammad Takdis diusinya masih muda dengan menjalankan bisnisnya sidah bisa kebeli rumah lho! Kerenkan. Bolehlah ya ditiru kalau yang bagus-bagus.
FUNancial bareng home credit, cara atur keuangan mudah. Untuk sebuah investasi tidak ada kata terlambat.
Semua keinginan bisa diatasi dengan Home Credit.



Saatnya Jelajahi Bukittinggi

Saatnya jelajahi Bukittinggi. Sebentar lagi libur anak-anak sekolah akan tiba. Sudahkah kalian mempersiapkan akan berlibur kemana bersama keluarga?
Biasanya dalam satu keluarga yang memempunyai banyak anak sangat sulit menentukan destinasi akan kemana dikarenakan masing-masing anak mempunyai tempat favoritenya sendiri. Beda lagi dengan yang keluarga kecil sangat mudah menentukan akan kemananya liburan nanti. Banyak sekali pilihan yang akan dikunjungi saat liburan, diantaranya : Pantai,laut, gunung, atau hanya sekedar mengunjungi sanak saudara yang jauh. Destinasi wisata yang ada di Indonesia ini banyak sekali kalau mau diurut mulai dari Sabang sampai Merauke. Pernahkah terbesit dalam hati untuk menjelajahi suatu tempat yang jauh dari tempat tinggal kita?
Beberapa kali mengajukan sebuah pertanyaan ke teman-teman.
" Liburan mau kemana, Sudah ke Bukittinggi?"
"Belum, ingin rasanya ke sana dan akan dijadikan salah satu tempat saat liburan nanti.
Ada beberapa orang menjawab pernah ke sana. Pokoknya tempatnya indah banget dan makanannya enak-enak. Wah jadi mupeng neeh ingin ke Bukittinggi juga kalau sudah kaya gini informasinya. Kebetulan om saya juga berasal dari Padang, setidaknya ada cerita mengenai Bukitinggi.

Ada beberapa makanan khas Bukittinggi salah satunya adalah :
- Nasi Kapau
- Kipang Kacang
- Karak Kaliang
- keripik Sanjay
- Bika Mariana
- Kueh Sangko
- Batiah
- Gulai Itiak

Saatnya jelajahi Bukittinggi. Untuk sampai ke Bukittinggi marilah kita sama-sama mencari tahu ada apa sih sebenarnya di Bukittinggi.

Source google

Bukittinggi merupakan kota kedua di Sumatera Barat. Kota Bukittinggi dulunya pernah menjadi Ibukota pada jaman pemerintahan darurat Indonesia. Ternyata Bukittinggi ini merupakan kota kelahiran dari salah satu proklamator Republik Indonesia yaitu Bapak Hatta (Bung Hatta). Bung Hatta pada masa pemerintahan Bung Karno menjabat sebagai wakil presiden.

Saatnya jelajahi Bukittinggi.
Yuk kita intip ada apa saja di Bukitimggi.
Di Bukittinggi ini ada beberpa tempat yang wajib kita kunjugi, diantaranya :
- JAM GADANG
- NGARAI SIANOK
- BENTENG FORT DE KOCK
- TAMAN MARGASATWA DAN BUDAYA KINANTAN
-  LUBANG JEPANG BYKITINGGI
- JEMBATAN LIMPAPEH
- RUMAH KELAHIRAN BUNG HATTA
- JANJANG SARIBU
- SONGKET AINA
- TAMAN NGARAI MARAN

Ternyata cukup banyak juga ya Destinasi yang ada di Bukittinggi. Tidak akan cukup waktu dalam sehari untuk menjelajah itu semua, ya setidaknya harus prepare 1 minggu kalau kita ingin leluasa eksplor di sana, cukup neeh 2 minggu juga.
Saat berpetualang di tempat orang tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari ; itinerari, biaya, alat kebersihan, pakaian dll.
Jangan lupa persiapan obat-obatan dan vitamin untuk menjaga stamina kita selama eksplor suatu tempat. Sepele sih tapi tiba-tiba jatuh sakit di tempat orang bisa-bisa ga bisa kemana-mana alias mubazir semua yang sudah direncanakan. Jangan sampai itu kejadian yak.
Dan yang terpenting adalah menentukan Hotel di Bukittinggi.

Saatnya jelajahi Bukittinggi. Untuk menentukan hotel  kita menginap di suatu tempat membutuhkan informasi yang uptudate. Dengan adanya tekhnologi yang serba canggih ini cukup booking di sebuah aplikasi sebut saja pegipegi jadi tidak usah repot-repot lagi ke sana kemari yak.
Pegipegi mempermudah pengguna dan pelanggan dengan adanya aplikasi dan fitur favorite untuk tujuan destinasi yang kita inginkan. Menentukan hotel biasanya kita akan melihat ulasan-ulasan dan bintang yang ada diaplikasi . Tentu saja tidak begitu saja pesan bookingan hotel, butuh banyak informasi mengenai tempat tersebut. Pegipegi yang mengerti pelanggan mempermudah pencarian Hotel yang akan kuta pesan.

Saatnya menjelajahi Bukittinggi. Kalau diulas secara terperinci  destinasi dan kuliner yang ada di Bukittinggi bisa jadi beberpa ulasan. Yang terpenting sekarang apapun keinginan kita untuk berlibur ke suatu tempat semoga cepat terwujud.[]FR





Senin, 02 Desember 2019

Launching Buku Aku dan Alam Semesta, De Laras




Launching buku Aku dan Alam Semesta. Sudah lama saya
tidak menghadiri acara launching buku, di bulan Desember ini alhamdulillah ada undangan Launching buku "Aku dan Alam Semesta.
Dilihat dari judulnya cukup menarik dan penasaran untuk membacanya. Sabtu pagi berangkat dari rumah bareng sama Neng Aisyah sesekali suka diajak kalau ada undangan biar tahu dan belajar sosialisasi. Sebelum ke tempat tujuan menyempatkan mampir ke Setrasari Mall barengan teman-teman dari Blogger Bandung untuk ngopi-ngopi cantik. Tepat pukul 12 siang langsung saja meluncur ke  jalan Ganesha tujuan utama adalah Perpustakan ITB. Cuaca Bandung saat siang masih aman neeh hujan masih belum turun perjalanan pun agak sedikit macet tapi masih lancar. Tahu sendirilah Bandung saat weekend selalu macet dimana-mana. Jadi sebaiknya yang mau bepergian pinter-pinter kitanya untuk memanage waktu biar ga telat saat hadir di acara.

Masih banyak waktu neeh saat tiba di ITB jadinya neeh anak bisa istirahat sebentar. Tapi ya namanya anak-anak boro-boto istirahat di sana malah lari-larian kesana ke mari. Rasa keingin tahuan neeh anak sangat besar, semua buku yang ada di rak ITB dipegangnya dan beberapa ada yang diambil suruh dibaca. #tetot buku tebalnya segaban bahasa Inggris pulak harus diceritain.

Launching buku Aku dan Alam Semesta,De Laras. Blogger dan tamu undangan pun mulai berdatangan. Akhirnya acara yang ditunggu-tunggu tepat pukul 14.00 WIB dimulai. Moderator sekaligus MC saat itu Buncha Elisa Koraag.  Santai sih enak bawanya dah lama juga saya ga ketemu dengannya diacara keren ini akhirnya bersua juga. Tak Lupa ada Mba Tanti Amelia dan kang Ali juga Bpk. Arief Arianto dan Bpk. Edi Warsidi. Penulis buku Aku dan Alam Semesta, De Laras hadir dengan mengenakan dress batik yang elegan perpaduan atasan kuning dan rok waena biru tua. 

Bapak Ir. Arief Arianto M.S.Ag. memberikan sambutan pada pembukaan acara mewakili Prof. Bambang Hidayat dilanjut oleh Bapak Esi Warsidi (ITB press) dan dilanjut oleh Kang Ali Muakhir, De Laras lalu Mba Tanti Amelia.

Bunca sebagai MC

De Laras, saya  dan Aisyah
Saat launching bukunya De Laras menceritakan bahwa buku yang ditulis dengan sepenuh hati ini adalah sebagian hasil dari pengalamannya sendiri, semasa kecil memori-memori  bersama sang ayah yang selalu bercerita tentang bintang. Buku cerita anak Aku dan Alam Semesta ini terdiri dari 10 cerita dalan 161 halaman lengkap dengan ilustrasi yang menarik dari Tanti Amelia sehingga anak ga akan bosen membacanya.

Launching buku Aku dan Alam Semesta, De Laras. Buku yang ditulis oleh De Laras ini tak tanggung-tanggung sebagai sumber buku tersebut adalah Profesor Bambang Hidayat seorang pakar astronom. Walau dikemas fiksi buku tersebut sarat dengan ilmunya. 

Sebuah buku cerita seperti kita terbawa saat traveling di dalamnya, ada juga pembahasan tentang batuk, lingkungan sekitar seperti yang dituturkan De Laras saat itu.
Buku ini hadir dengan dua versi ; berwarna dan tidak berwarna (versi ekonomis).

Ternyata buku Aku dan Alam Semesta ini  hubungannya dengan sang ilustrator sudah terjalin lama. Antara De Laras dan Tanti Amalia pernah sama-sama menghadiri event drawing di Malaysia. Berjodoh sampai terjadilah kolaborasi untuk ilustrasi buku tersebut. Kerenkan!


Tanti Amelia, saya ,Aisyah

Tepat pukul 16.00 acarapun akhirnya berakhir, sebelum pulang akhirnya dapat bingkisan dari Faber Castle tak lupa para tamu undangan mencicipi hidangan yang ada di ruang sebelah perpustakaan. 












Rabu, 20 November 2019

Pentingnya Menjaga Stamina Tubuh




Pentingnya menjaga stamina tubuh. Banyak orang tua zaman sekarang yang sangat multitasking selain harus mengurus rumah tangga juga sebagai pekerja. Bisa dibayangkan bagaimana caranya  membagi waktu untuk keluarga, antara pekerjaan dan juga rumah tapi yang paling utama menjaga kesehatan dirinya sendiri. Patut diacungi jempol sih seorang ibu pekerja. Alhamdulillah saya sendiri adalah seorang ibu rumah tangga dengan satu anak yang gak bisa diam. Dulu aja saya termasuk orang yang ga bisa diam, selepas bekerja biasanya mengerjakan pekerjaan lain juga di luar pekerjaan utama, dinikmati saja sih semua berjalan sesuai jalurnya. Seiring berjalannya waktu akhirnya sampai juga pada titik dimana saya harus berhenti bekerja dan mengabdikan diri menjadi seorang ibu rumah tangga. Memang berat juga mengambil keputusan tapi itu adalah sebuah pilihan. Ternyata semua perjalanan dalam hidup ini tidak bisa memilih apa yang selalu kita inginkan tapi setidaknya semua dijalani sesuai apa yang telah digarisknNya. Menikmati hari-hari sebagai seorang ibu ternyata tak semudah apa yang dibayangkan sebelumnya. Waktu 24 jam rasanya kurang dalam sehari. Alhamdulillah semua dijalani dengan keikhlasan dan ridho. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi alhamdulillah aktivitas di rumah tuh ada saja.

Pentingnya menjaga stamina tubuh. Dengan aktivitas yang seabreg maka seorang ibu wajib neeh menjaga staminanya.Beda halnya kalau ibu lagi sakit rumah jadi diurus sama seorang kepala keluarga tapi yah ga seulet dan seluwes apa yang dikerjakan ibu. Makanya di sini kita sebagai seorang ibu harus benar-benar  menjaga stamina dengan asupan makanan dan olahraga.

Pentingnya menjaga stamina tubuh. Ada beberapa hal yang sudah umum dan pastinya biasa dilakukan oleh ibu-ibu yang aktif di rumah, antara lain :
- Cukup asupan makanan yang seimbang
- Cukup minum air putih
- Cukup waktu istirahat/tidur
- Cukup Olah raga
- Hindari stres
- Hindari rokok dan alkohol.
Tetnyata tidak hanya itu terkadang sebagai seorang ibu saat anak sakit atau kita sakit biasanya tidak buru-buru dibawa ke dokter langsung saja lari ke dapur mencari rempah rempah yang ada dan bisa digunakan. Seperti saat ini musim pancaroba telah tiba suhu tubuh yang panas bisa drastis ke dingin atau sebalimnya, jadilah kita harus benar-benar ekstra menjaga stamina tubuh. Batuk, pilek dan masuk angin pastinya sudah dialami oleh setiap orang. Di keluarga yabg sering masuk angin adalah ayahnya, dia ga kuat kena ac ataupun hawa dingin. Jadilah mamak di rumah harus siap sedia minuman penghangat untuk meredakan masuk anginnya. Bahan-bahan alami yng selalu sedia di rumah adalah jahe, membuat makanan atau minuman biasanya suka ditambahkan dengan menggunakan jahe.
Jahe dengan nama latin Zingiber officinale ternyata memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh  makanya selalu dijadikan sebagai minuman kesehatan.

Manfaat dari jahe antara lain ;
- Memperlancar pencernaan
- Mengatasu mula dan muntah
- Mengatasi migrain dan sakit kepala
- Melindungi tubuh dari sinar UV
- Menjagatasi kadar gula darah
- - Mengatasi Peradangan
-  Mengatasi nyeri pada otot
- Mengatasi timbunan lemak
- Melegakan tenggorokan
- Menjaga kesehatan otak
- - Menghaluskan kulit dan anti aging
- Menjaga kesehatan tekanan darah
- Menjaga sistem kekebalan tubuh
- Meningkatkan produksi sperma pada pria
- Mencegah kanker usus
- Mencegah Selulit
- Mencegah jerawat
- Mengurangi rasa sakit
- Membantu detoksifikasi kulit

Jahe mempunyai aroma yang kuat karena mengandung zat-zat antara lain ; minyak atsiri  Zingiberina ( zingirona), zingiberol, bisabolena, curcumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit

Pentingnya menjaga stamina tubuh. Ternyata kondisi seorang ibu itu harus benar-benar fresh dan fit. Kadang suka mikir neeh gimana biar ga ribet dengan aktivitas lainnya dan tidak memakan waktu banyak, saya akhirnya memilih Herbadrink Sari Jahe produk minuman produksi Konimex. Minuman yang dikemas secara modern hadir dalam bentuk sachet dan praktis saat dibawa kemana-mana.  Di pagi hari sangat cocok untuk menikmati secangkir Herbadrink sari jahe yang disajikan hangat. Langsung terasa aroma jahenya dimulut dan hangatnya dari jahe itu sendiri.


Pentingnya menjaga stamina tubuh. Herbadrink Sari Jahe adalah minuman traditional yang  diproduksi  dengan tekhnologi modern. Manfaatnya menghangatkan badan, mengatasi gejala masuk angin dan mengatasi perut kembung. Caranya juga cukup mudah tinggal sediakan air hangat di cangkir dan 1 sachet Herbadrink Sari jahe aduk rata langsung minum deh tanpa menunggu lama.


Pentingnya stamina bagi tubuh. Jadi saat ini sudah tidak khawatir lagi neeh dengan seabreg kegiatan sebagai seorang ibu, mulai dari antar jemput sekolah, antar suami beli bahan baku buat konveksi, ikuti kegiatan yang ada di sekokah dan lain - lain. Herbadrink ini banyak banget variannya lho tidak hanya Herbadrink Sari Jahe yang lainnya juga ada antara lain ; Herbadrink Temulawak, Herbadrink Kunyit Asam, Herbadrink Lidah Buaya, Herbadrink Beras Kencur.
Biasanya klo di tumah sula pakai campuran saat bikin bubur kacang hijau, campuran untuk minum susu dan campuran untuk bikin wedang, semua serba praktis bisa disesuaikan dengan selera kita lho!
Minuman yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja ini bisa didapat di supermarket -supermarket terdekat di daerah Kita.[]

Jumat, 25 Oktober 2019

Yuk Traveling! Ya Holamigo



Yuk traveling! Ya Holamigo. Setiap orang pastinya menyukai yang namanya jalan-jalan. Biar sebulan bisa dihitung jari tapi pastinya seseorang pernah dong merasakan yang namanya jalan-jalan. Pada zaman dahulu (hahaha kesannya seperti dongeng) saya memang sudah senang jalan-jalan bukan berarti ga betah diam di rumah ya. Eits! jangan salah kalau sudah di rumah yak jarang-jarang ke luar juga untuk ke warung pun kadang-kadang nyuruh adek lho. Jaman sekolah dulu kegiatan di luar dibatasi sama orang tua dengan alasan karena saya tuh orangnya sering pingsan ga kenal tempat dan ga kenal waktu. Entahlah ada apa dengan saya?
Tapi setelah menginjak kuliah dan dunia kerja alhamdulillah pingsannya bisa dihitung jari. Memasuki masa kuliah kalau yang lain terlihat santai justru saya sibuk dengan kegiatan casual kemana-mana. Saat ini orangtua membebaskan anaknya karena sudah mempunyai tanggung jawab sendiri. Lingkungan luar yang baik menjadikan semua teman-teman seperti satu persaudaraan.  Kerja sampingan menjadikan kesenangan tersediri jadi tidak membebani orang tua lagi dengan biaya kuliah saat itu. Sesekali teman-teman saat itu mengadakan jalan-jalan di daerah sekitar ataupun melakukan perjalalanan ke luar kota. Tentu saja kami sangat menikmatinya. Andaikan dulu ada catatan atau ngeblog bisa jadi sudah dibuat beberapa judul. Sebagian memori masih tersimpan di otak.  Saat dulu kalau jalan-jalan cukup satu atau dua orang yang tahu arah tujuan jadi yang lainnya tinggal mengikuti saja. Untuk melakukan sebuah perjalalanan pasti melelahkan tapi kami semua yang menjalaninya merasa enjoy saja. Tak ada kata lelah atau cape semua bergembira.
Oh iya dulu seringnya berkunjung ke curug-curug sekitar Bandung, atau jalan-jalan menelusuri pelosok-pelosok desa yang jalannya seperti tak berujung. Pergi ke luar kotaan paling ke Pangandaran dan Yogyakarta saja
Lain dulu lain sekarang, seiring berjalannya waktu saya pun hijrah ke Jakarta. Rezeki dapat panggilan kerja dan diterima di salah satu perusahaan wilayah Jakarta Selatan. Kalau dibilang nyawa saya saat itu ada di Jakarta Selatan. Ada istilah ibukota lebih kejam daripada ibu tiri. Mungkin memang benar adanya kalau kita tidak pandai-pandai untuk bergaul. Hidup di Jakarta itu tidak bisa hanya untuk sekedar berleha-leha. Semua mengikuti ritme yang ada, ketinggalan sebentar sudah kita pun bisa terkalahkan. Dari Jakartalah saya mulai bisa berpetualang atau traveling bukan hanya luar kota saja tapi sampai juga ke luar pulau. Jakarta memang mengasyikan, seasyik teman-temannya yang selalu meracuni kalau sudah cerita tentang travelling.  Terkadang semua terlihat tak mau dikalahkan, satu pergi traveling ke suatu tenpat yang lainnya pun mengikutinya.  Asyiiik kan...serukan!! Eits jangan salah ya semua harus sesuai porsi, soalnya anak- anak biasa bilang Jakerdah tuh pengeluarannya ampuuun DJ!!!! Maka pandai-pandailah saya memilah mana yang lebih penting dan tidak. Kalau diikuti maunya, semua orang akan tahu pasti inginnya ini itu semua dituruti. Pergi ke suatu tempat bareng-bareng memang mengasyikan, tapi sebenarnya kalau saat ini enaknya pergi bertiga ataupun berempat saja. Tak terasa 10 tahun hidup di Jakarta sayangnya tak hafal juga jalanan Jakarta. Alat transportasi yang digunakan yak Transjakarta yang lurus-lurus aja Blok M - Harmoni, kalau engga ya pakai ojeg online, simple!
Kadang teman-teman bilang "kau itu, hidup di kota tersesat tapi kalau maen ke hutan malah lacar-lancar saja."

Yuk traveling! Ya Holamigo. Ada saatnya semua berlalu begitu saja, harus meninggalkan Jakarta, pekerjaan, teman-teman yang mengasyikan. Duh sedih rasanya. Kembali ke Bandung menjadi keputusan yang harus dipilih. Saya yang dulunya hobi jalan-jalan/travelling kini seperti kehilangan arah.
Mati kutu?
oh tentu tidak dong, sekarang semua serba mudah. Tinggal berselancar di dunia maya apapun yang ingin kita cari pasti ada. Untuk panduan travelling jangan salah ada satu web yang bernama HOLAMIGO jadi bisa berselancar di sana. Panduan review suatu tempat memang penting.

Apa itu Holamigo?

Saya akan menjelaskan tentang Holamigo.
Tahukah kamu ternyata Holamigo berasal dari perpaduan bahasa Spanyol  "Hola" dan "Amigo" yang berarti "Hallo Teman."

Holamigo.id adalah media travel dan gaya hidup yang berbasis digital untuk menginspirasi perjalanan para traveller agar bisa menjelajahi setiap sudut nusantara bahjan dunia.

Yuk  Travelling! Ya Holamigo

Kita intip sebenarnya ada apa saja sih di Holamigo itu sendiri.
Beginilah tampilan beranda portal tra el Indonesia ini :
Holamigo.id

Kita bebas memilih info apa saja yang sedang dibutuhkan. Ada beberapa category yang ada di Holamigo.id, anyara lain :


- Destinasi

Tahukah kamu untuk pergi ke suatu tempat pastinya kita membutuhka  referensi yang terupdate dan panduan untuk berkunjung ke suatu tempat. Di sini banyak terdapat destinasi wisata yang akan kita perlukan, tinggal pilih sesuai tujuan.



- Event

Tahukah kamu biasanya saat travelling tak sedikit para traveller memanfaatkan event sekaligus untuk bertravelling. Di Holamigoid ada event-event yang akan berlangsung lengkap dengan tempt dan tanggalnya. Seperti ; Festival Takabonetate di Sulawesi Selatan tanggal 24-28 Oktober 2019, Ubud Writers dan Readers Festival yang berlangsung tanggal 23-27 Oktober 2019, Borobudur Marathon tanggal 17 November 2019 dan lain seterusnya.

-
- INSPIRASI



Tahukah kamu, di holamigoid selain destinasi wisata yang menjadi isnpirasi pilihan kita, di sana akan menemukan tips-tips yang dibutuhkan lho!

- KULINER

Ini dia yang paling dicari oleh para traveller selain tempat yang menarik tentu saja makanannya menjadi daya pikat. Kuliner di setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing sayangkan kalau semua dilewatkan begitu saja. Di Holamigoid informasi tentang kuliner nusantara bisa menjadi acuan untuk para traveller.

- SENI BUDAYA



Kalau dibahas di sini semua pastinya akan menjadi sebuah cerita panjang kali lebar dong.
Masih penasaran dengan Holamigo.id yuk cus kunjungi saja :

Facebook Holamigo
- Twitter
- Instagram

Yuk Travelling! Ya Holamigo tunggu apalagi.
Salam sahabat jalan.[]FR



Senin, 02 September 2019

Arisan Ilmu KEB di Crowne Plaza Bandung.

Arisan Ilmu kEB di Crowne Plaza Bandung.Tanggal 18 Agustus 2019 kaki ini melangkah ke sebuah hotel yang cukup strategis di kota Bandung, Crowne Plaza Bandung. Menghadiri acara arisan ilmu yang diadakan oleh kumpulan Emak-emak Blogger dengan  menggandeng Sisternet. Acara yang  berlangsung di jalan Tamblong ini ketika masuk keadaan depan Hotel suasana nyaman sudah terasa, apalagi saat kaki melangkah ke tujuan, pokoknya tempatnya wow banget deh!!

Beginilah suasana saat masuk di hotel Crowne Plaza Bandung.






Hotel bintang 5 yang letaknya dekat dengan pusat kota ini memang cocok dijadikan hotel bisnis maupun hotel untuk keluarga. Tempatnya nyaman banget banyak spot foto yang menarik lho.Acara yang berlangsung di lantai 6 ini dapat melihat view pegunungan ditatar sunda. Ada resto sekalian kolam renang dan area bermain anak. 




Bukan untuk pertama kalinya berada di sini. Kalau dihitung jari sudah ada 5x menginjakan kaki di sini saat masih stay di Jakarta acarapun sudah berlangsung di Bandung yakni di Hotel Crowne Plaza.
Mulai dari acara di lantai bawah, resto sampai ke lantai atas juga akhirnya. Tak ada ruangan yang tak terlewatkan semua terlihat bersih dan tertata begitu rapi ditambah pelayanan yang ramah menjadikan nilai plus bagi hotel ini. Arisan ilmu KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger) saat itu acara diawali dengan coffee morning terlebih dahulu kemudian pembukaan oleh Founder KEB sendiri Mira Sahid dan dilanjut lagi oleh  Adelia Pandjaitan (Sisternet XL-Axiata). Acara tersebut dipandu oleh MC Alaika Abdulah.





 Dan puncak acarapun tiba, Yasinta Astuti  membahas topik yakni Optimasi Sosial Media dengan Vlog.
Tema ini emang cocok banget bagi orang-orang yang senang buat video.
Banyak ilmu yang di dapat dan antusias para peserta pun sangat interaktif saat pembahasan ini. Yang namanya membuat video awal-awal emang males apalagi saat editingnya, tapi setelah titik temu yang diinginkan biasanya kita bisa lupa dengan sekeliling deh.




Yasinta menjelaskan bagaimana sebuah video bisa dibuat dengan menggunakan alat-alat sederhana. Jangan sampai ketinggalan ide dan intinya harus konsisten terus.
Terkadang jujur kalau saat editing ribet biasanya sebagai jalan pintas malas untuk mencoba lagi.
Ternyata kunci dari semua itu jangan pernah takut mencoba dan belajar lagi dan lagi.

Tak terasa waktupun sudah siang , acara belum berakhir kemudian dilanjut dengan makan siang bersama.
Menu yang disajikan oleh Crowne Plaza Bandung sangat lebgkap. Selain main Course :  nasi putih, mie goreng, tumis labu aneka seafood, rolade ayam, uga bakar, ada juga pancake dan wafel, aneka gorengan, aneka jajan pasar, es kelapa jeruk, ice cream, buah-buahan tak ketinggalan ada juga Barbeque, salad, bebek panggang, dimsum.

 Acarapun di tutup dengan foto bersama dan tak lupa menyempatkan untuk foto bersama Founder KEB dan mak Ketu (mak Icoel).