Selasa, 30 Desember 2014

Nikmati Makan Siang di Palabuhan Ratu

Nikmati makan siang di Pelabuhan Ratu.- Rencana sebelum menuju Cisolok, Sukabumi, rombongan Visit Care Agriculture akan melakukan ishoma (istirahat, sholat dan makan) di sekitar wilayah Pelabuhan Ratu.

Jalanan Jakarta saat itu terlihat lancar, mungkin masih pagi dan hari sabtu pula sebagian orang-orang sudah saatnya berlibur beraktivitas menuju tempat kerjanya. Beberapa meter mau memasuki jalan tol Ciawi, antrian padat merayap baru di mulai, arah sebaliknya pun sama. Meeting point keberangkatan menuju Cisolok ini ternyata ada dua, selain di Ciputat satu lagi rombongan berangkat dari Ciawi dan semua akhirnya bertemu di Pom Bensin yang masih berada di seputaran Ciawi.

Mobil travel yang kita tumpangi berjalan beriringan satu sama lain, seperti napak tilas saat melalui jalanan yang ada apalagi saat memasuki jalanan yang menuju pelabuhan Ratu. Ya, akses yang sama ketika akan melakukan perjalan ke Sawarna dulu. Pelelangan ikan di Palabuhan Ratu, pasar-pasar dan makanan yang ada disekitarnya, penginapan dimana malam itu kami ber24 orang berada di satu tempat seorang kawan yang dia sendiri batal untuk berangkat ikut ke Sawarna.
Pikiran pun melayang kemana-mana, saat naasnya bis yang kami tumpangi dari Baranang Siang Bogor mengalami kempes ban, tengah malam pula. Semua lamunan buyar saat mobil sudah menepi di sebuah rumah makan. Tak terasa perjalanan yang ditempuh sudah 5 jam.

http:rayafr.blogspot.com


Selamat datang di "Ikan Bakar Samudera" sebuah tulisan kayu terlihat di pintu masuknya. Semua rombongan pun turun, Hujan turun, rintik-rintik sesaat kemudian pun berhenti. Semua panitia mempersilahkan rombongan yang ada untuk menikmati santap siangnya yang sudah terhidangkan di meja.

http://rayafr.blogspot.com

Nasi putih yang disajikan dengan ikan bakar tak ketinggalan ayam gorengpun tersedia, aha pasangan yang selalu ada .. Elvi dan Rhoma sebutan untuk tahu tempe (istilah ibu-ibu BUMN saat acara makan-makan). Kalau sudah lihat menunya gini makan dulu apa sholat dulu ya. Daripada saat sholat inget makan, akhirnya pilihan jatuh pada makan dulu, padahal sudah lapar juga sih. Snack box saat pagi pemberian panitia sudah habis saat perjalan tadi, sudah saatnya sekarang nikmati makan siang di Palabuhan Ratu.

http://rayafr.blogspot.com

Makanan yang diambil pun seperlunya, kalau kurang itu soal gampang bisa nambah lagi, ya daripada sudah ngambil banyak trus gak dihabiskan kan mubazir. Nasi, Ikan bakar, ayam, tempe, tahu dan samal lalapan serta kerupuk ikan lengkap sudah memenuhi piring yang ada. Dimana-mana terlihat ikan, bukan hanya dari menu piring sampai kerupuk pun bercorak ikan. Kerupuk ikan yang wangi terasi ini mengingatkan saat-saat Sekolah Dasar dulu yang selalu tersedia dalam kemasan plastik yang menggantung di kantin sekolah.

Betapa nikmatnya sampai makanan pun tak tersisa dari piring. Segelas Juice Mangga sebagai teman sesudah menyantap makanan ini, Betapa nikmatnya saat rasa dingin dan asam membasahi tenggorokan dan aroma wangi dari mangganya rasanya tak bisa di stop bibir ini untuk mengentikan sebelum semuanya habis terlihat di dalam gelas.

http://rayafr.blogspot.com

Nikmati makanan sudah dan minuman segar pun sudah, saatnya sekarang melakukan kewajiban sesaat untuk berkomunikasi denganNya. Sebagian kawan yang ada sudah pergi duluan untuk sholat yang kebetulan ada Masjid dibelakang rumah makan ini. Beginilah suasana saat di dalam rumah makan, selain tersedia meja kursi, ada sebagian tempat makan dibuat seperti lesehan.

http://rayafr.blogspot.com

http://rayafr.blogspot.com

Hujan pun turun lagi lebih deras dari tadi sesaat kami datang. Sebelum sholat berlari sebentar dan melewati rumah-rumah makan yang lebih mendekati pinggir pantai, hanya buka beberapa dan terlihat lebih banyak yang tutup ketimbang warungnya yang buka Sepi, mungkin ini yang menyebabkan beberapa warung yang berada dipinggiran pantai ini tutup.
Foto Landscape pun diambil, sebelum menuju pinggir pantai terlhat sampai bercecer dimana-mana, Air yang terbawa angin menyapu wajah, walau pun hujan turun langit masih terlihat kebiru-biruan bercampur warna abu. Terlihat pemandangan sepasang ibu bapak sedang menikmati indahnya pantai sambil berjalan beriringan. Warung yang tutup cukup menjadi penolong saat pengambilan dua foto landscape.

http://rayafr.blogspot.com

http://rayafr.blogspot.com

Menuju Masjid yang ada antrian orang  berwudhu masih sajabanyak, sebelum mengambil dua foto diatas antrian sudah ada , sesudahnya pun masih tetap sama. Sayang sekali masjid ini ada, sarana tempat wudhupun terbuka dan berada di luar sekaligus bercampur, Karena memang cuma ini satu-satunya, tak ada kamar mandi hanya tempat wudhu saja dengan dua kran yang ada.

Sholatpun selesai, akhirnya menuju ke rumah makan kembali. Istirahat sejenak, ada yang menarik yang tak bsa lepas dalam pandangan mata saat di sini. Seorang anak kecil, kira-kira usianya antara 3-4 tahunan yang ternyata anak pemilik warung ini. "Adelia" mulut mungil ini menyebut namanya. Saat beberapa orang yang beranjak dari tempat duduknya, baik kursi plastik maupun kursi rotan dia dorong dengan tangannya untuk lebih mendekati meja. Ada pembelajaran yang diambil dari apa yang dicontohkan oleh sekitar. Dengan baju rok terusan dan jam tangan merah menghiasi tangannya anak ini tersenyum saat ditanya namanya. Berharap pertanyaan tidak berhenti sampai di sana. 


Sebelum Pukul dua, rombonganpun harus sudah berangkat lagi menuju Cisolok. Nikmati makan siang di Palabuhan Ratu dan waktu istirahatpun berakhir sudah,[]FR


*********

#CatatanSukabumi

Part 1 ===>  http://rayafr.blogspot.com/2014/12/menembus-pagi-menuju-cisolok-sukabumi.html
Part 2 ===> http://rayafr.blogspot.com/2014/12/nikmati-makan-siang-di-palabuhan-ratu.html
Part 3 ===> http://rayafr.blogspot.com/2014/12/kasepuhan-sinar-resmi-i-am-coming.html
Part 4 ===> http://rayafr.blogspot.com/2014/12/ngagondang-mengenalnya-lebih-dekat-saat.html
Part 5 ===> http://rayafr.blogspot.com/2014/12/kue-kue-tradisional-saat-di-kasepuhan.html
Part 6 ===> http://rayafr.blogspot.com/2015/01/care-visit-agricuture-malam-kesenian-di.html
Part 7 ===> http://rayafr.blogspot.com/2015/01/saat-semua-guyub-di-imah-gede-kasepuhan.html