Sabtu, 15 November 2014

Festival Diwali di Signature Restaurant - Kempinski Indonesia

Bulan Oktober ( 2-17/10)  Signature Restaurant - Kempinski Indonesia penuh warna tersaji aneka masakan khas India di sana. Colours of India, tema yang disajikan untuk memperingati Festival Diwali, perayaan besar umat Hindu yang biasa disebut dengan festival Cahaya.

Makan siang di Signature Restaurant saat Festival Diwali ini sehari menjelang acara berakhir. Suasana hangat dan penuh warna tampak mulai dari pintu masuk Restaurant sampai sekelilingnya semua dihias ala India. Makanan di Festival ini ternyata diolah oleh chef yang handal yang sudah berpengalaman puluhan tahun dalam memasak. Chef  Aswani Khumar Singh (chef de cuisine di Ambiance Hotel Delhi, India) menyambut dengan ramah saat itu. Saat pertama melihatnya pikiran langsung terlintas "Shah Rukh Khan" ? 

Tamupun datang silih berganti, ada yang datang dengan undangan ataupun sekedar menikmati makan siang makanan khas India ini. Saat acara festival Diwali berlangsung, para pecinta kuliner India bisa menikmatinya saat makan siang dan makan malam.

Inilah suasana saat berada di festival Diwali siang itu.






Chef Agung sedang manata makanan

Chef Ashwani memasak Gulab Kheer 
Kita berdua, bunda Erna dan saya sangat beruntung bisa menyaksikan langsung Chef Ashwani saat memasak Gulab Kheer dan bisa langsung menikmatinya. Dikasih resep rahasianya loh untuk membuat Gulab Kheer ini. Selain masakan yang beraroma rempah ternyata ada beberapa hidangan yang manis tersaji di sana.

Awalnya hanya ingin memotret makanan yang tersaji di buffet yang sebagaian tidak tersaji utuh. Chef Ashwani dengan hangat dan ramah mengatakan bahwa nanti akan menyajikan beberapa makanan di meja.Sungguh beruntung saat berada di sana saat itu, 

Inilah beberapa makanan yang dihidangkan.

Gulab Kheer


Malabar Praun Cury (Praun Cury) 
Tandori Chicken



Biryani Rice

Aneka sambal dan acar ala India 

Chef Ashwani dan masakannya

Makanan yang tersaji
Shahi Muraba
Saat makanan tersaji begitu banyak, jadi bingung makanan apa saja yang akan disantap. Biryani Rice, tentu saja menjadi menu utama yang akan dinikmati, padahal sebelumnya disuruh nyicip Gulab Kheer saat proses memaksaknya berlangsung.

Biryani Rice, sebagai makanan utama bisa disajikan siang dan malam. Dimakan dengan campuran ayam yang sudah tersaji dalam nasi,bisanya beras yang digunakan adalah beras basmati (beras India). Rasa rempah-rempah yang khas, ada aroma kayu manis dan campuran rempah lainnya saat memakannya. 

Gulab Kheer, dari penampilan makanan ini sekilas, wah ada bawang gorengnya. Ternyata itu bukan bawang goreng, tapi tampilan mawar kering yang sudah dicampurkan didalamnya. Rasa manis dan aroma susu dengan wangi bunga mawar, enak untuk disantap. Rempah yang dimasukan di dalamnya diantaranya adalah cumin Selain bunga mawar kering ditambahkan pula air mawar, sehingga menambah aroma wangi saat menyantapnya. Chef Aswanipun memberikan cumin untuk dicoba saat itu, ada rasa hangat dan wangi khas saat mengigitnya. Gulab Kheer ini tentu saja enak dimakan saat hangat maupun dingin. Satu mangkuk pun saat itu habis tak tersisa.

Praun Cury, udang yang dicapur saus rempah, gurih dan sangat pas rasanya sampai meresap dalam setiap gigitannya.

Saking banyaknya makanan yang tersaji, sebagian lupa apa namanya. 

Shahi Muraba, saat mencicipinya ada aroma asem, manis segar ini ternyata bahan makanan yang terbuat dari mangga yang tercampur gula ditambah rempah-rempah ditambah dengan toping kismis diatasnya. Berhenti memakannya? tentu saja tidak, karena saya termasuk penggemar mangga dan kismis juga, makanan ini sangat memanjakan lidah saat menyantapnya.

Saat menikmati makanan yang penuh rempah tentu saja tidak begitu kaget, toh kita di Indonesia juga ada beberapa daerah ciri khas makanannya selalu menggunakan banyak rempah-rempah.

Chef Ashwanipun dengan sabar menjelaskan satu persatu makanan yang tersaji. 
Tak ada yang tidak menarik di sini, semua yang tersaji penuh warna, tak satupun luput dalam pandangan. Tidak juga dengan Shaunf ini. 
Shaunf/ penyegar mulut ini biasanya dimakan setelah memakan hidangan yang berkari. Asalnya ragu untuk memakannya, kirain hanya rempah untuk pelengkap hiasan. Setelah dicontohin memakannya, sejumput Shaunf ditangan terambil dan berpindah ke mulut, rasa segar manis dan wangi, benar-benar penyegar alami.

Shaunf


Tak terasa waktu pun cepat berlalu, jam makan siang sudah habis dan saatnya harus kembali ke kantor. Kita senang mendapat oleh-oleh bunga mawar kering dari Chef Ashwani , asli dari Bombay loh!
Bunga mawar kering untuk campuran Gulab Kheer

Sebelum meninggalkan Signature Restaurant, sayang kalau tidak meluangkan waktu untuk berfoto dengan Chef di sana.

Chef Ashwani dan Chef Kempinski Indonesia



Terima kasih untuk semuanya.

Namaste.



Signatures Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
Alamat : Jalam M.H. Thamrin No,1 jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310,Indonesia
Telp : +622123583800