Selasa, 13 September 2022

Saat Pertama Jualan Online di Blibli




Saat Pertama Jualan Online di Blibli.- Selama pandemi berlangsung banyak orang yang merasakan dampaknya terutama para pedagang dan ujung-ujungnya  berimbas pada perekonomian. Kegiatan sehari-hari yang biasanya normal kini dibatasi kegiatannya baik akses ke perkantoran, sekolah, karyawan, para buruh dan bahkan pedagang. Semua orang harus jungkir balik bagaimana caranya agar perkekonomian setiap hari masih bisa berjalan dengan lancar. Jujur ada rasa ketakutan apalagi sebagai ibu rumah tangga yang mempunyai seorang anak yang harus memberi asupan makanan yang seimbang lengkap dengan makanan tambahan berupa susu dan makanan lainnya. Kebutuhan rumah tangga harus tetap berjalan istilahnya ibu-ibu bagaimana setiap harinya dapur biar bisa tetap ngebul/berasap. Masih dalam keadaan waras bagaimanapun keadaannya kita harus tetap terus bisa melaksanakan kegiatan sehari - hari seolah tanpa terjadi apa-apa disekelilingnya. Kegiatan rutin setiap minggu yang biasanya berjualan dipasar kaget harus berhenti total sampai waktu yang tidak bisa ditentukan dan hampir terlewati setahun lebih.Ada rasa keputusasaan di dalam hati secara uang yang ada semua sudah dibelikan untuk barang tapi barang yang ada tidak bisa dipasarkan. Berjualan motorpun dilakukan secara online saja. Apapun yang bisa dikerjakan dan menghasilkan uang semua dilakukan demi perekonomian yang terus berjalan. Jangan ditanya ya, biasanya persediaan di dapur selalu terpenuhi kini harus merasakan hanya yang pokok dan penting saja yang tersedia itupun dibeli sesuai dengan keperluan saja tanpa stok seperti  biasanya.

Kini gimana caranya semua harus berubah tak mungkin saat situasi pandemi merasakan keterpurukan perekonomian dalam hidup terus-terusan.Melalui kenalan teman-teman sekolah yang mempunyai usaha Catering untuk coba-coba keberuntungan dengan berjualan apa yang diproduksinya berupa remahan daging empal (gepuk dalam bahasa sunda red). Pertama sih saat akan memulai merasa pesimis apa laku ya untuk dijual. Akhirnya Bismillah aja saya beranikan diri ke teman-teman terdekat terlebih dahulu kemudian ke saudara-saudara berjualannya. Alhamdulillah hasilnya positif dan semua menyambut dengan baik. Sayangnya jualan remukan empal  ini tidak bisa dilakukan setiap hari karena persediaannya selalu ada minimal 1 bulan sekali ya paling banyak dapat berjualan dua kali dalam sebulan itupun barangnya berebut secara semua dibagi rata bukan saya aja yang mau berjualan.  Alhamdulillah walau hanya sebulan sekali sangat membantu perekonomian  keluarga.Yang awalnya hanya dapat jatah 20 box kini menigkat sampai 50 box. Berjualan empal ini sudah mampir juga ke teman-teman yang di Padalarang, Cibiru, Ujung Berung, Tangerang, Serang dan Jakarta. 

Saat pertama jualan online di Blibli. Berjualan tetap dilakukan setiap hari secara door to door walaupun capek dan lelah tetap dilakukan yang penting dapat cuan. Tak hanya itu sayapun berjualan dengan cara mempromosikannya melalui statsus  whatsapp barang dagangan yang ada di rumah. Update dilakukan setiap hari sesuai kebutuhan orang banyak dari mulai makanan, pakaian sampai perintilan yang dibutuhkan. Internet di rumah tidak bisa terbayar lagi saat keadaan pandemi, akhirnya setiap habis data isi lagi dan cukup lumayan memakan data kalau semua status jualanku naik ke whatsaapp. Banyak saran baik dari teman maupun saudara sebaiknya berjualan   secara online saja. Awalnya ragu untuk dilakukan dan cukup lama untuk berfikir ke sana. Berjualan secara online sangat berat rasanya karena memikirkan belum upload, deskripsi dan harga pun bersaing. Pokoknya banyak banget alasannya deh. 

Banyak banget market untuk berjualan online saat ini, pastinya mana yang harus benar-benar dipilih. Dalam hati mulai berhitung satu, dua,tiga.... kayanya harus memulai dan memutuskan neeh untuk segera berjualan online.. Jangan sampai nunggu sampai hitungan seratus tapi gak mulai-mulai juga. Keputusan berjualan online sudah bulat dengan sepenuh hati. 

Saat pertama jualan online di Blibli. Akhirnya keputusan berjualan secara online dilakukan di Blibli. Untungnya saya sudah punya akun diblibli neeh. Pertama update mau buka toko ada kendala neeh laptop ku error ga bisa conect ke wifi tapi bukan menjadi alasan akhirnya update melalui hp saja. Pertama mendapat kesulitan karena buka tokohya langsung lewat akun blibli yang suda ada jadi agak susah ya untuk upload produknya. Ternyata harus terpisah jadinya  instal Blibli Seller.


BUKA TOKO DI BLIBLI                            

Untuk pertama kali Buka Toko yuk bisa diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut : 

- Instal dan buka aplikasi Blibli Seller atau akses seller.blibli.com/register

- Kemudian kita masukan informasi kontak seperti nama, email, nomor HP yaang aktif, dan password

- Klik daftar sekarang

- Kita melakukan verifikasi dengan memasukan kode OTP yang dikirimkan melalui nomor HP Anda

- Selesai sudah akun Seller Blibli dibuat

- Selanjutnya Anda akan masuk ke dashbord Seller Blibli

- Kita akan diberikan tutorial cara menggunakan dashboard  Seller Blibli lengkap untuk memudahkan berjualannya di Blibli.

Setelah membuat toko kini saatnya melengkapi informasi toko kita ya! Informasi toko mencakup alamat toko untuk memudahkan menpickup barang, jam operasional toko, dan jasa pengiriman. 

Blibli sendiri menyediakan jasa pengiriman termasuk pengiriman instan. Selanjutnya kita bisa mengupload barang jualan yang akan dipasarkan, Saya berjualan online selain barang baru yang dijual tapi ada juga barang bekas aka second (2nd). Perlu digarisbawahi ternyata barang-barang yang dipasarkan di Blibli harus menjual produk asli lho! dan tidak diperbolehkan menjual produk yang dilarang ( barang bekas/barang cacat produksi/senjata tajam).

Mengenai barang bekas yang saya jual di Selller Blibli ternyata semua lolos dan layak untuk dijual. Jadi berjualan barang bekas di Blibli kalau fashion masih bisa ya dipasarkan asalkan masih layak dan lolos seleksi oleh pihak Seller Bliblinya.Final akhirnya terupload juga barang yang dijual di seller Blibli kurang lebih baru 10 produk dan 1 masih tahap review belum diacc.Ternyata banyak keuntungan dari berjualan Online di Seller Blibli yuk simak pengalaman saya  apa saja yang didapat :

- Daftar sebagai Seller Blibli untuk pertama kalinya langsung dapat saldo 20.000

- Mengaktifkan pengiriman barang secara instant dan samday langsung dapat saldo50.000

-Upload lebih dari 4 produk lamgsung dapat juga neeh saldo 300.000

- Info alamat pengambilan barang Anda dapat saldo 30.000

- Info legal dan pembayaran Anda dapat saldo 20.000

- dan lain seterusya.

Total saldo yang di dapat saat ini sebesar Rp. 670.000 semuanya saldo dapat digunakan untuk Bliklan secara gratis lho ya dan jangan sampai kadaluarsa karena belum terpakai.



Oh iya untuk barang bekas yang dijual semua hanya 1 item karena stok yang ada berbeda-beda. Untuk produk-produk yangbakan kita jual selain diupload secara manual ternyata bisa juga dilakukan secara masal dengan menggunakan templete Excel dengan cara masuk ke Seller center Blibli pada menu Product klik Add Bulk Product kemudian isi informasi yang akan kita unggah ditemplete Exel yang bisa diunduh pada menu tersebut. Karena barangnya masih terbatas cukup deh upload satu-satu saja. Yang penting info produk diisi jangan lupa harga juga dimasukan. Berjualan di Seller Blibli tidak hanya untuk individual saja, Anda sebagai pemilik usaha Mikro, Menengah dan lainnya bisa lho bergabung di Seller Blibli. Saat pertama jualan online di Blibli akhirnya ada barang yang laku terjual walaupun baru satu semoga kedepannya makin banyak lagi barang yang terjual, aamiin.

 Yuk Follow akunnya BLIBLI ! Instagram @blibliseller dan Tiktok @blibliseller

#PastiUntungPastiBlibli #BlibliSeller #BlibliBlogCompetition #PastiMer11ah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar