Rabu, 25 Maret 2020

Raja Ampat Surga Dunia di Papua

Raja Ampat surga dunia di Papua. Semua traveller pasti akan bermimpi untuk menjejakan kakinya di bumi Nusantara bagian Timur, sebut saja Papua. Betapa indahnya dan masih asri Indonesia bagian Timur bukan hanya Papua saja.
Kali ini yang akan dibahas hanyalah Papua.
Kita tahu provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh Wilayah Papua bagian Barat.
Papua adalah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling Timur wilayah Papua milik Indonesia.
Sekalipun orang awam ditanya ada apa di Papua?
Pasti menjawab Raja Ampat dan PT Freeport Indonesia.
Datang ke Raja Ampat kini hanya  menjadi impian. Tapi semoga semestakung siapa tahu suatu saat nanti kaki ini bisa melangkah ke sana.
Setidaknya mimpi itu kini sedikit terobati ketika teman-teman seperjuangan waktu di Jakarta di tugaskan untuk pergi ke Papua.
Sebelumnya sih gue dah bilang juga sama bos waktu itu.
" Pak, kalau ada dinas ke Papua terutama Raja Ampat, bolehlah yak dikirim ke sana." ucap gue.
" iya nanti lihat dulu kalau dikasih tiket lebih sama Te****(BUMN di Indonesia) yak." ucap bos
"Ok"
Mungkin belum rezeki dan tidak berjodoh untuk ke Papua, akhirnya yang di tugaskan ke sana hanya 3 orang dan itu pun cowok semua :D yakni, Kang Ale, Kang Budi, dan Kang Ifan.
Alhamdulillah walaupun tidak jadi ke sana setidaknya ada teman-teman yang pergi ke Papua, terutama Raja Ampat.
Perjalanan mereka mulai start dari Bandara Soekarno -Hatta Jakarta terus transit di Menado (bisa juga transit Makassar) lanjut ke Sorong.
Untuk sampai ke Raja Ampat perjalanan menggunakan  Kapal Fery  dengan jarak tempuh kira-kira 2.5 jam. Pemandangan yang indah bisa terlihat langsung di sana. Papua merupakan destinasi wisata hijau yang masih asri , hutan rimba pun masih mengelilingi pulau-pulau yang ada.

Inilah suasana saat sampai di Pelabuhan Waisai.



Panas terik tak terasa saat mereka sampai di Waisai dan selanjutnya perjalanan menuju ke Pulau Arborek.
Biasanya di Pulau Arborek ini dijadikan sebagai tempat singgah atau sekedar bermalam saja.
Suasana saat berada di Pulau Arborek.








Betapa indahnya pemandangan alam di pulau Arborek. Bahagianya masyarakat di sana saat ada pendatang tiba, wajah sumringah pun menghiasi anak-anak kecil yang ikut berkumpul saat rombongan dari Jakarta tiba.
Pulau dengan hamparan pasir putih dan lingkungan di sana tampak bersih sekali. Siapapun yang mau ke Raja Ampat wajib neeh menyempatkan diri ke Arborek. Pemandangan yang dihiasi  air jernih dan ikan-ikan nampak terlihat di sana. Dimanapun kalian berada saat berwisata biasanya wajib bin kudu memotret senja. Apalagi bagi pecinta senja ga akan terlewatkan pastinya.





Ternyata perjalanan tak terhenti sampai di Pulau Arborek. Masih banyak pulau-pulau yang akan mereka kunjungi antara lain ; batu pensil di Teluk Kabui Raja Ampat, Kwatisore (Nabire) yang terkenal dengan ikan hiu dan ikan pausnya, dan Pulau Piyanemo.
Oh iya btw tentang Papua dulu pernah dapat oleh-oleh juga dari salah satu pemain PERSIB Bandung diberi koteka ^_^ . Sayangnya tuh koteka saat disimpan terjatuh dari dinding dan bagian ujungnya jadi pecah deh. Semuanya hanya tinggal kenangan.

Sumber :Wikipedia

Raja Ampat surga dunia di Papua.
Kabupaten Raja Ampat  adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai. Kabupaten di Papua Barat memiliki 610 pulau termasuk Raja Ampat. Pulau -pulau besarnya anatara lain ; Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo. Dari semua pulau hanya 35 pulau yang berpenghuni dan sisanya tidak berpenghuni malah sebagian belum mempunyai nama ( sumber Wikipedia).

Indahnya Alam Pianemo Raja Ampat


Ifan, Budi, Yahya (Papua) & Ale




Piaynemo terletak di distrik Waigeo Barat. Perjalanan yang cukup melelahkan bagi mereka terbayar sudah dengan pemandangan alam yang hijau, indah dan menakjubkan. Hamparan air yang jernih, bebukitan hijau menghiasi sekelilingnya tak akan mata sedikitpun terpejam untuk terus memandangnya. Inilah lukisan alam yang tidak akan ada tandingannya.


Di Piaynemo wisatawan bisa menginap di homestay yang ada di sana.
Homestay yang dibangun di atas air laut, kalau pengunjung beruntung bisa memandang anak hiu yang lalu lalang di lautan sekitar.
Raja Ampat surga dunia di Papua. Membuat setiap orang ingin kesana atau hanya sekedar bermimpi terlebih dahulu. Papua merupakan Destinasi Wisata hijau, dan pilihan tempat pun langsung jatuh hati ingin ke Raja Ampat.
Bangga menjadi orang Indonesia yang mempunyai keajaiban-keajaiban alam yang indah.
Banyak alasan ingin pergi ke sana, selain destinasi wisata hijau, Papua juga sebagai ekowisata yang merupakan salah satu kegiatan pariwisata berwawasan lingkungan dengan memperhatikan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta pendidikan.

Masyarakat Papua untuk menjaga  kearifan lokal yang ada di  lingkungan sekitar baik flora dan fauna yang ada di Papua tentu saja sangat membutuhkan EcoNusa.


Apa itu EcoNusa

EcoNusa merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengangkat pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan di Indonesia dengan memberi penguatan terhadap inisiatif-inisiatif lokal.
EcoNusa resmi berdiri pada tanggal 21 Juli 2017 dan bertempat di Jakarta.
EcoNusa juga membantu menjebatani komunikasi antara pemangku kepentingan di wilayah Indonesia bagian Timur yakni Papua dan Maluku.

Salam lestari 🙏





Sumber :

https://www.econusa.id/
Wikipedia 
Kang Budi & Ale (The Panas Dalam)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar