Rabu, 02 November 2016

Menjahit Mudah di Workshop Brother

Menjahit mudah di Workshop Brother. Sebenarnya bukan perdana menginjakan kaki di bawah mesin jahit. Kegiatan itu sudah dilakukan 10 tahun ke belakang, demi apa?
Demi menyenangkan hati seorang ibu agar anak perempuannya ikut kursus jahit. Ikut kursus iya dijalanni, tapi tau apa yang terjadi. Kursus yang diikuti sepulang kerja di seputaran jalan A. Yani Bandung, tahu sendirilah sepulang kerja lelah, jadi hampir dipastikan setiap hari kesiangan mulu dan cuma isi absen saja. Sekali jadi anak rajin ,bukannya ingin ptotes tapi teori dan teori mulu. Lama kelamaan malaslah jadinya (ini sudah pembawaan hahaha). Apa yang dihasilkan disana dengan kebolosan yang ada!
Sebuah karya akhirnya di bikin kemeja hitam pendek warna hitam dan rok 3/4 hitam. Ngomong-ngomong tentang rok ntahlah sudah jadi tali ga pernah dipakai, akhirnya dikasihkan orang saja. Dalam pengerjaanya pas finish tentu saja dibantu oleh mamake. Tahulah ya, untuk menyambung sebuah lekukan tangan agak susah dilakukan. Menjahit, ya selesai sampai disitu!

Ada yang berbeda saat teman-teman mengikuti workshop sebelumnya di Museum Nasional. Ah, kayanya kalai diadakan lagi mau ikut aja sepertinya mengasyikkan.

Akhirnya ikut juga workshopnya brother, tapi sayang sudah penuh. Ah sudah lupakanlah jahit!!

Tidak ada yang kebetulan, sudah rezeqi hampir mendekati hari H, akhirnya bisa juga ikut neeh workshop.
Workshop menjahit bareng mesin jahit Brother ini sebagai pengajarnya adalah dari founder Kriya Indonesia yaitu Astri Damayanti. Akhirnya sampai juga ke lokasi yang dituju, saat weekend sabtu kemarin bertempat di ICE BSD.

Semua peralatan sudah disiapkan satu persatu, dari mulai kain, jarum pentuk, benang, gunting dan kelengkapan jahitnya.

Mesin-mesin Btother  sudah berderet rapi tinggal nunggu di eksekusi sama peserta hahaha.

Dengan Pola yang ada, kain hitampun dibentangkan siap utuk digunting. Saat semua sudah siap satu persatu kain disambungkan untk dijahit.

Mesin Brother yang digunakan tak sesulit apa yang ada dipikiran. Dengan bantuan dinamo jadi memperingan kerja kaki. Dalam cara kerja benangpun serba mudah. Isi sekoci habis, tinggal digulung dengan spul yang ada dan dinamo kita mainkan. Jahitan pun bisa lebih cepat selesai. Nah untuk menggunting benang yang ada terkadang suka bingungkan tadi naronya dimana. Semua jadi mudah di body mesin sudah ada pemotong untuk benang.

Credit Foto Fia

Untuk mengobras kain yang sudah dijahit, Mesin Jahit obras Brother juga sudah disediakan, ga terlalu besar cukuplah untuk keperluan rumah tangga bila dipakai untuk sendiri.

Kembali lagi ke Mesin jahit Brother neeh, dalam bodynya mesin yang kita pakai ada untuk membordir kain, tinggal pilih aja sesuai selera. Akhirnya semua finish, sebuah outer yang baru pertama kubuat selesai juga.



Menjahit mudah di workshop brother akhirnya selesai juga. Para peserta merasa senang dengan karya perdananya walapun tak sesempurna penjahit profesional. Yuk tetep berkarya! []FR