Minggu, 25 Oktober 2015

Jalan-Jalan ke Cianjur

Jalan-jalan ke Cianjur. Ada yang berbeda dalam perjalanan kali ini, bukan ke tempat wisata yang ada di Cianjur melainkan ke Pabrik Aqua yang berada di Desa Gekbrong.


Perjalanan pagi dan semua blogger yang diundang oleh Idblognetwork berkumpul di Cilandak Town square menuju Desa Gekbrong. Perjalanan kali ini tidak sebentar walau dirasa Jakarta Cianjur tak terlalu jauh, karena sudah terkena sistem  buka tutup di Puncak jadinya perjalanan menjadi lebih lama. Saya tahunya Pabrik Aqua ini hanya ada di Sukabumi, ternyata ada juga di Cianjur.

Sabtu siang (17/10) akhirnya sampai juga di PT Tirta Investama Cianjur yang beralamat di Jalan Sukabumi-Cianjur KM 15, Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kec. Cianjur, Jawa Barat.
Cianjur saat itu terasa panas menyengat, untungnya masih banyak pepohonan yang ada disekitar. Para blogger melakukan registrasi dimeja penerimaan tamu. Tidak hanya itu saja, kita diminta mengisi form yang sekilas mirip-mirip kalau kita mau donor darah. Tidak bisa sembarang orang loh yang masuk ke lokasi pabrik Aqua ini. Hanya yang benar-benar sehat yang boleh datang berkunjung ke sini.
Wow, benar-benar dijaga ya!
Kita semua sudah tahu brand yang satu ini memang selalu diingat, ketika rasa haus melanda pasti yang dipilih Aqua terlebih dahulu. Begitulah kita, bila rasa fanatik itu ada pilihan akan jatuh sama yang itu saja.

Pertama-tama saat visit ke PT Titra Investama Cianjur banyak tata tertib yang harus dipatuhi, semua itu demi keselamatan, keamanan dan kenyamaan semua. Dari pihak Aqua sendiri saat itu hadir Bapak Agus Herdian dan Bapak Nurul. Tidak hanya itu saja hadir pula Bapak Meidy Prasetyadi dari Balai Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur dan juga perwakilan beberapa orang dari HIPOCI.

Pabrik Aqua yang berada di Cianjur ini ternyata dibangun pada tahun 2010, dan baru dioperasikan pada tahun 2011. Pabrik Aqua ada 18 yang tersebar di Indonesia, Cianjur sendiri merupakan pabrik yang ke -13. Pabrik Aqua di Cianjur ini terkenal dengan produksinya yaitu 330 ml, 600ml, tapi tidak hanya itu saja ada juga kemasan 1600 ml dan galon. Tekhnologi yang digunakan dalam produksi air kemasan ini cukup canggih dalam satu jam bisa memproduksi sampai 40 ribu botol kemasan dengan ukuran 330 ml dan 600 ml.

Lokasi pabrik dengan lahan sekitar saat berada di sana cukup luas, total luas semuanya mencapai 12,15 Hektar, luas lahan yang digunkan pabrik sendiri hanya 3,5 hektar. Lahan sisa oleh PT Titra Investama dimanfaatkan untuk konservasi air yakni pemanfaatan sumber daya air dengan cara memperhatikan aspek keberadaan air secara kualitas maupun kuantitas.

Kita tahu sekarang kemasan botol Aqua sudah tanpa segel plastik lagi, ternyata saat kunjungan kemarin terjawab sudah, selain mengurangi sampah ini juga adalah salah satu bentuk kepedulian Aqua terhadap bumi (Go Green) dan kemasan botol pun menjadi lebih tipis.
Jadi sebaiknya setelah kita menghabiskan 1 air kemasan botol, setelah lebel yang ada dilepas, botolpun jangan dibuang secara utuh melainkan di bikin penyok sebelum dibuang. Hal ini sebenarnya bertujuan untuk memudahkan para pemulung agar plastik bisa mudah didaur ulang juga.



Air sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk yang ada di bumi ini, Semua kegiatan manusia dalam kesehariannya tak terlepas dari air, bisa dibayangkan kalau tidak ada air sehari saja, repotnya minta ampun. Apalagi sekarang saat musim kemarau, dimana kekeringan terjadi persediaan airpun menjadi sulit. Kita tahu kalau di kota-kota besar air resapan sudah jarang ada, Jadi sudah menjadi hal yang wajar bila kemarau tiba, airpunmenjadi berkurang. Ternyata pelestarian air dan lingkungan sangatlah penting dan hal ini telah dilakukan oleh Aqua dengan melakukan berbagai inisiatif sosial dan lingkungan meliputi wlayah sub Daerah Aliran Sungai (DAS) secara terintegrasi mulai dari hulu, tengah dan hilir. Aqua sendiri telah bekerjasama dnegan masyarakat sekitar dengan memberdayakan mereka melaui program CSRnya dan bekerjasama dengan pemerintah setempat.

Program-program yang telah dilakukan oleh PihakAqua antara lain :
- Penanaman Pohon
- Sumur Resapan
- Lubang resapan Biopori
- Pertanian organik

Pertanian organik yang dibina oleh Corporate Social Resphobility (CSR) PT Tirta Investama adalah Hipoci. Kebetulan blogger yang visit Aqua diberikan kesempatan ketempat Himpunan petani Organik Cianjur Indonesia (HIPOCI).

Lokasi sekertariat HIPOCI
Beras Organik HIPOCI

Di sini HIPOCI tidak hanya menggarap bidang pertanian saja, ada juga bidang peternakan, perkebunan, dan perikanan. Tidak hanya itu di Hipoci ada pemanfaatan limbah rumahan (sampah) dengan dibuatkan bank sampah dan salah satu manfatanya dengan menjadikannya kompos. Jadi tidak hanya kaum bapak saja yang aktif di HIPOCI ini, para ibu rumah tanggapun diberdayakan juga dan dilibatkan dalam Bank Sampah.
Sayangnya para generasi penerus yang ada sudah tidak tertarik lagi menjadi petani, mereka lebih menyukai bekerja dipabrik, seperti yang dituturkan salah satu anggota HIPOCI.
Cianjur sudah tidak asing lagi terkeal dengan berasnya, tauco dan ayam pelung, kini hadir juga nasi liwet dalam kemasan yang siap dimasak, kerenkan!
"Semoga apa yang kami lakukan mendapatkan sukses dan berkah" ucap kang Dadang, Ketua HIPOCI.
Semua produk yang dihasilkan HIPOCI ini sudah bisa dibeli di outlet Aqua Home Service, selanjutnya akan dipasarkan juga melaui supermarket-sipermarket  dan VIT outlet.
Maju dan Sukses terus HIPOCI!

=========
Anugrah Jurnalistik Aqua (AJA) bisa dilihat di sini!