Sabtu, 04 Mei 2019

Pentingnya PAUD untk Anak

Pentingnya PAUD untuk anak. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) menjadi sorotan para orang tua saat ini. Sejak anak terlahir, merangkak sampai berjalan dan akan memasuki masa sekolah orang tua benar-benar memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Menghadapi anak-anak milenial jaman sekarang setidaknya orang tua harus lebih pintar dari anak-anaknya. Perkembangan anak mulai dari usia awal kandungan sampai masa-masa PAUD harus benar-benar diprioritaskan.

Pentingnya pendidikan anak usia dini ini akan mempengaruhi si anak untuk meneruskan kejenjang pendidikan yang dasar. Setiap orang tua akan mengetahui karakter anaknya.
Contohnya di lingkungan masyarakat sekitar rumah sudah ada sekolah-sekolah yang telah disiapkan untuk anak-anak usia dini, mulai dari yang formal sampai yang non formal.
Biasanya bila kita mensurvei ditempat-tempat posyandu selalu disediakan sekolah PAUD dan untuk biaya sendiri tidak ada acuan khusus.
Orang tua berhak memilih anak akan disekolahkan kemana-mananya.
Sekolah PAUD yang ada dilingkungan rumah biasanya tidak memilah-milah usia, siapapun orang tua yang mau menyekolahkan anaknya pasti diterima, satu kelas bisa lebih dari 10 orang tapi terlihat sangat minim pengajar dan murid berlimpah. Tadinya mau mencoba dimasukan ke PAUD dakat rumah, berhubung anaknya ga bisa duduk manis, jadi lebih memilih masuk ke sekolah formal saja.



Untuk kasus anak saya sendiri bukan tidak mau menyekolahkan ke PAUD dekat rumah, berhubung anaknya yang aktif daripada gurunya keteteran jadi saya lebih memilih memasukan ke Sekolah formal TK A kecil terlebih dahulu.
Saat mulai usia anak 4 tahun kurang, Neng sudah mulai dimasukan ke sekolah Taman Kanak-kanak.
Sebelumnya sudah terplanning 1 tahun masuk ke TK umum dulu 2 tahun kemudian masuk ke TK Islam terpadu.

Sejak sekolah sudah terlihat sedikit perubahan walaupun masih sesuka hati kalau mau berangkat ke sekolah. Anak sudah mulai bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Motorik kasar dan halus mulai terlatih dan anak sudah bisa berceritera tentang teman-temannya satu kelas saat pulang sekolah tiba.


Pentingnya PAUD sejak dini . Anak-anak selama masa keemasannya atau biasa disebut masa golden age peranan orang tua sangat penting, dimana dalam masa ini perkembangan kognitif anak sangat pesat. Tentu saja selain asupan gizi yang seimbang pendidikan pun harus diperhatikan.
Pendidikan anak usia dini ini jangan salah lho karena merupakan aset sebuah bangsa. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan sejak dini sampai ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi. Perkembangan anak akan terpantau secara sosial, emosional dan intelektual pada saat anak akan memasuki ke jenjang pendidikan berikutnya.

Pendidikan anak usia dini ini adalah salah satu bentuk pendidikan yang menitikeratkan pada peletakan dasar pada pertumbuhan dan perkembangan fisik (motorik halus dan kasar), kecerdasan ( data pikir, daya cipta, kecerdasan spiritual dn kecerdasan emosi), sosio emosional (perilaku dan sikap serta agama), komunikasi dan bahasa, sesuai dengan tahap-tahap perkembangan dan keunikan anak-anak.
Tidak setiap anak sama, ada keunikan tersendiri pada diri masing-masing.
Disini peran orangtua tidak boleh membanding-bandingan anak yang satu dengan anak yang lainnya. Anak bukanlah miniatur mini yang bisa jadi percobaan orang tua.
Pentingnya pendidikan anak usia dini untuk anak. Si anak dengan pendidikan usia dini bisa menjadikan pribadi yang mandiri, percaya diri, bisa bersoailisasi, cepat beradaptasi, dan punya rasa keingintahuan yang besar. Biasanya sebagian otang tua setelah anak-anaknya berhasil sebagian ada yang memberikan reward untuk anaknya. Nah biar ga susah dan ga perlu repot keluar rumah kita cari aja di online yang ada misalnya  iPrice pokoknya banyak pilihan di sana.[]FR







14 komentar:

  1. Saat ini saya belum jadi orang tua. Tapi insya Allah sudah mulai memikirkan kira-kira kalau punya anak akan memilih PAUD seperti apa ya? Makasih ya mbak untuk sharingnya

    BalasHapus
  2. aku belum jadi orang tua si tapi nanti kalo udah punya anak juga mau masukin ke PAUD yang deket deket rumah aja biar ga jauh dan ga susah buat mantaunya

    BalasHapus
  3. Pengalaman anak pertama dulu diikutkan PAUD anakku masih nuempel kek perangko jadi malah Ga mau. Tapi adiknya malah semangat mau ke PAUD. Mungkin karena liat kakaknya yg sekolah ya. Jadi adik meniru dan lebih semangat.

    BalasHapus
  4. Aku juga masih galau nih mau masukin kakak di PAUD usia berapa

    BalasHapus
  5. aku belum nikah sih mbak, tapi gatau juga entar kalau punya anak mau masul paud apa engga hehe

    BalasHapus
  6. Sangat penting banget untuk anak masuk PAUD . Selain dia bersosialisasi juga bisa mengisi waktunya dengan bermain dan belajar

    BalasHapus
  7. aku waktu masukin anak pertama sekolah di TK, ehhh si bungsu minta ikutan sekolah juga. tadinya mau tahun depan supaya bisa langsung masuk TK. tapi anaknya uda ngebet minta sekolah. Jadi aku masukin PAUD aja :)
    setuju banget, setiap anak itu berbeda dan unik, jadi jangan pernah membandingkan mereka dengan anak yg lain :)

    BalasHapus
  8. yes bener kak, jaman sekarang beda soalnya sama jaman kita dulu. dulu kan sd kelas 1 baru belajar baca tulis, skrg harus uda bs baca tulis. kalo masuk paud bs membantu anak belajar & jadi lebih pede anaknya pas masuk sekolah dasar

    BalasHapus
  9. masih lajang sih kak, tapi lumayan dapet info jadinya sebelum punya anak nanti tau harus bagaimana. thankyou kak tulisannya membantu

    BalasHapus
  10. Paud menurutku perlu si untuk mengenal lingkungan sblm tk dan sd karena aku dulu guru paud jd paham betul gimana kondisinya.bermanfaat banget kak sharingnya

    BalasHapus
  11. Kemaren mamaku tanya aku untuk adikku yang baby, Aku sarani paud sih. SOalnya harganya agak miring dibandingkan TK. Lagian anak jaman NOw main hape terus bagus banget dibawa sekolah gini.

    BalasHapus
  12. Penting bgt mnrtku. Dsitu sudah mulai bljar berinteraksi dg anak2 seumurannya jg

    BalasHapus
  13. Saya malah kepikiran buat home schooling aja buat anak anak nantinya.

    BalasHapus
  14. PAUD memang bagus kalo mnrut aku. Dstu anak dilatih utk mandiri & persiapan sekolah ๐Ÿ‘ buka PAUD adalah salah satu impian aku๐Ÿ˜‡ semoga terwujud amiin๐Ÿ˜

    BalasHapus