Kamis, 07 Maret 2019

Starland Wisata Edukasi di Puspa Iptek Sundial


Starland wisata edukasi di Puspa Iptek. Kamis pagi (28/2-2019) menuju stasiun Bandung. Pagi sampai di sana ternyata masih sepi. Saat itu bersama murid-murid Starland mau berkunjung ke Puspa Iptek Sundial di Kota Baru Parahyangan, Padalarang Bandung Barat. Pagi itu terlihat beberapa rombongan ibu-ibu yang pada mau piknik ke Banjar dan tak lama mulai berdatangan satu persatu rombongan anak-anak TK dari berbagai sekolah. Tujuannya berbeda-beda, ada yang ke arah Stasiun Padalarang dan ke Stasiun Cicalengka.
Untuk ke arah Padalarang sendiri ada dua tempat diantaranya ; Puspa Iptek Sundial dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Kebetulan yang saya ikuti adalah tujuan Puspa Iptek Sundial.
Btw tentang Starland Preschool and Kindergarten kalau ada yang belum tahu bisa ke alamat ini :
Setiabudi Regensi Kav. G61, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat,Jawa Barat 40559.



Starland wisata edukasi di Puspa Iptek Sundial. Akhirnya waktu menujukan pukul 08 lewat, murid-murid Starland mulai berdatangan dan sebelum keberangkatan menuju Padalarang ada pengaraan terlebih dahulu dari pihak PT KAI untuk anak-anak yang akan memakai armada kereta api. Anak- anak belajar antri saat masuk stasiun Bandung dengan memberikan tiket kepada bapak petugas yang ada. Beberapa anak raut wajahnya terlihat senang ingin segera naik kereta api. Sambil menunggu kereta datang biar ga bosan anak-anak dipandu oleh gurunya untuk melakukan pemanasan dengan menyanyikan beberapa lagu dan yel-yel.



Dalam perjalanan menuju Puspa Iptek, mereka duduk dengan riang gembira tapi tetap tertib. Anak-amak terlihat mandiri tanpa didampingi orang tuanya. Cukup diacungi jempol sih smua anak-anak mengikuti aturan yang diarahkan oleh guru-gurunya.

Mereka menikmati perjalannya menggunakan kereta api, setelah sampai stasiun Padalarang untuk menuju lokasi smua anak-anak masuk ke angkutan kota (angkot) yang sudah disediakan di luar stasiun.
Sebenarnya disini juga sudah ada pembelajaran bagi anak-anak, ada dua kendaraan darat yakni kereta api dan angkutan umum.
Wow, mereka sangat suka sekali saat naik angkot (*baca : jarang-jarang naik angkot neeh).

Akhirnya Starland Wisata Edukasi di Puspa Iptek Sundial sampai juga.
Puspa Iptel Sundial adalah Wahana pendidikan yang terletak dikawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung. Terlihat bukan hanya anak-anak TK yang ada di sana, banyak juga dari sekolah Menengah Pertama.
Saat tiba di sana, pertama-tama disambut oleh pihak Puspa Iptek dan kemudian anak-anak diarahkan ke dalam ruangan untuk ditunjukan alat-alat peraga dan science yang ada di ruangan. Nama Pupsa Iptek Sundial ini adalah perpaduan dua nama Puspa Iptek dan Sundial.
Puspa Iptek artinya Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi sedangkan Sundial artinya jam Matahari. Dipintu utama saat masuk sebenarnya kita sudah berada di alas jam Matahari itu sendiri. Ada dua jam matahari disini yakni vertikal dan horizontal.
Di Puspa Iptek Sundial ternyata memiliki alat peraga dengan jumlah lebih dari 180 buah.
Starland wisata edukasi di Puspa iptek Sundial, anak-anak mulai mengikuti alat-alat peraga yang ada di sana. Smua dibimbing oleh satu orang pemandu dari Puspa Iptek.







Setiap anak bisa mencoba alat peraga yang ada dibantu dengan para pembimbingnya. Anak-anak Starland ini betul-betul mandiri dan antusias sekali, rasa keingintahuan mereka cukup besar.
Tidak semua alat peraga di coba karena terlalu banyak dan pengunjung semakin siang semakin banyak dan penuh.

Alat- alat peraga yang ada kalau disebutkan satu persatu terlalu banyak, ini beberapa alat peraga di sana salah satunya adalah sebagai berikut :

- Sepeda gantung
- Pront screen
- Harfa tanpa senar
Alat ini bisa berbunyi walaupun tanpa senar. Kenapa bisa  bunyi? Karena alat ini dipasang alat sensor pengganti senar
- Pipa suara
- Tangga yakub
- Pengungkit
- katrol
- Sumur gravitasi
- Pusingan
- BaskomAir Mancur
- Kursi Paku
- dst

Ada beberapa alat peraga yang menarik minat anak -anak dan dewasa, bikin mereka penasaran kalau ga berhasil. Ini neeh Baskom air mancur, tidak setiap anak yang mencoba berhasil menciptakan air mancur dalam bejana.
Air mancur ini berhasil diciptakan saat telapak tangan dibasuhi air terus digesek-gesekan ke tepi bejana dengan cepat dan akan tercipta riak-riak air yang kemudian semakin lama semakin tinggi ya mirip air mancur.



Akhirnya setelah berkeliling di lantai 1 anak-anak Starland menuju lantai 2.
Setelah eksplor lantai 2 dirasa cukup, anak-anak istirahat dan makan siang kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju stasiun Padalarang dan berakhir di Stasiun Bandung. Akhirnya selesai juga fieldtrip dari stasiun Bandung ke Puspa Iptek Sundial. []FR















4 komentar:

  1. Sebelum hamil, aku coba sepeda gantung dan awalnya deg2an tapi nagih ya heheu jadi pengen ajak anak nanti klo usia tk kali ya biar ngerti. Info aja nihnteh kolom komentar di moderasi suapaya semua bisa komen cz klo pk gugel aja nanti ilanh komen g+ mau tutup, tq

    BalasHapus
  2. baru tau kalo namanya Puspa Iptek Sundial, padahal sering bolak balik kesini :D

    Emang asyiknya anak-anak pergi bersama rombongan ya?

    BalasHapus
  3. wah rekomended juga nih wahana Puspa iptek ini..jadi pengen ngajak krucil kesana ah

    BalasHapus
  4. Saya beberapa kali ke sini ga pernah berani naik kereta gantung..huhu takut ketingginanya masih tersisa ternyata...

    BalasHapus